Cara Mengatasi Wasir

Cara Mengatasi Wasir – Wasir bisa disebut juga dengan banyak istilah diantaranya ambeien, dan dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan hemorrhoid. Memang gejala yang ditimbulkan wasir ini menakutkan, bisa menimbulkan kekhawatiran bagi penderita yang mengalami, terlebih jika keluar tonjolan wasir di sekitar anus apalagi bila darah segar menetes-netes dari anus, adakalanya mengakibatkan si penderita wasir menjadi pucat pasi.

 Cara Mengatasi Wasir

Cara Mengatasi Wasir

Wasir adalah penyakit yang timbul karena pembuluh-pembuluh darah di daerah anus melebar yang diakibatkan oleh aliran darah ke jantung terhambat. Pembuluh darah yang melebar ini kemudian ditutupi oleh selaput lendir, kulit, jaringan ikat atau otot-otot polos dan lama-kelamaan membengkak dan membentuk tonjolan.

Penyakit wasir merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak kita jumpai. Namun, biasanya untuk penderitanya merasa malu dan merasa bahwa penyakit ini adalah tidak terlalu berbahaya jadi kurang mendapatkan perhatian khusus. Padahal penyakit wasir bisa menimbulkan rasa sakit yang teramat sangat jika tidak diatasi dengan segera. Secara anatomis penyakit wasir tidak bisa disebut sebagai wasir, melainkan suatu bentuk perubahan pada bantalan pembuluh darah yang ada di dalam anus. Perubahan ini terjadi dengan bentuk pembengkakan dan juga pelebaran pada pembuluh darah serta jaringan yang ada pada sekitarnya. Kemudian fungsi dari bantalan ini adalah sebagai katup yang bisa membantu untuk membuat otot dubur bisa menahan feses atau kotoran. Ada tiga jenis pembuluh darah pada anus. Jika salah satu penyebabnya adalah karena terjadinya suatu gangguan atau bendungan pada aliran darah, maka pembuluh darah ini kemudian akan melebar dan mengalami pembengkakan. Dan keadaan inilah yang biasanya disebut dengan istilah sebagai penyakit wasir atau ambeien.

Penyakit wasir terbagi menjadi dua jenis yakni penyakit wasir internal dan wasir eksternal. Lalu apa yang menyebabkan terjadinya wasir? Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya wasir, yakni adalah karena faktor genetik atau faktor keturunan, akibat sikap tubuh manusia yang berjalan kurang baik yang menyebabkan terjadinya tekanan kebawah menjadi lebih besar, akibat dari kehamilan, dan juga perubahan hormon, dan bisa juga akibat dari kebisaan duduk terlalu lama.

Gejala yang muncul dari penyakit wasir adalah salah satunya terjadinya pendarahan tanpa ada rasa sakit disaat sedang buang air besar. Namun, untuk kasus yang hebat biasanya darah bisa mengucur dengan deras. Dan darah yang keluar biasanya adalah darah segar. Untuk kasus wasir ringan, biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, seperti ada sesuatu yang mengganjal pada bagian anus disaat Anda selesai buang air besar, dan Anda menyangka bahwa Anda belum selesai utuk melakukan buang air besar ini. Kemudian keluhan atau gejala selanjutnya adalah munculnya benjolan pada anus untuk kasus ambeien atau wasir tingkat lanjut. Dan benjolan ini bisa keluar sendiri. Untuk kasus yang ringan biasanya benjolan ini akan keluar, dan bisa masuk dengan sendirinya. Untuk kasus yang sedang, biasanya benjolan yang muncul bisa dimasukkan dengan menggunakan tangan. Dan untuk kasus wasir berat biasanya memerlukan pertolongan khusus.

Cara mengatasi wasir bisa dilakukan dengan cara menggunakan bahan-bahan alami. Salah satu bahan alami yang digunakan adaah 20 gram daun patikan cina, 20 gram akar simaruba, 50 gram akar daun sembung, dan 10 gram klembak. Cara membuatnya adalah semua bahan tadi dicuci bersih terlebih dahulu, kemudian direbus dalam 2 gelas air sampai yang hanya tersisa adalah 1 gelas saja. Cara memakainya adalah minumlah ramuan ini 3 kali dalam sehari dan untuk sekali minum adalah 1 gelas.

Cara mengatasi wasir tradisional lainnya adalah dengan menggunakan setengah batang daun lidah buaya dengan ukuran yang sedang dan juga 2 sendok makan madu. Cara membuatnya adalah duri dari lidah buaya ini dibuang terlebih dahulu, dan kemudian batangnya dicuci dan diparut. Kemudian hasil dari parutan tadi dicampur dengan menggunakan setengah air yang masak dan madu. Setelah itu campuran ini diperas dan kemudian disaring.

Dan cara mengatasi wasir alami dan tradisional lainnya adalah dengan menggunakan buah pepaya gantung, 2 lembar daun pepaya muda dan daun jambu mete secukupnya saja. Cara membuatnya adalah buah pepaya dan juga daunnya tadi direbus ssmpai empuk. Kemudian dimakan untuk dilalap tanpa sambal setiap harinya. Untuk membantu menghilangkan rasa pahitnya, maka disaat Anda sedang merebus campurkanlah dengan menggunakan daun jambu mete.

Wasir merupakan suatu penyakit dimana pada bibir anus akan mengalami pembengkakan yang terkadang disertai juga dengan perdarahan. Wasir dapat diatasi dengan melalukan terapi untuk mengurangi gejala-gejala wasir. Cara mengatasi wasir adalah seperti :

  1. Cara Mengatasi Wasir dengan Berendam dengan air hangat beberapa kali sehari, terutama setelah buang air besar selama sekitar 15 menit.
  2. Pemberian krim/minyak hemorroid misalnya anusol didaerah yang terkena, untuk mengurangi iritasi dan rasa sakit.

 Cara Mengatasi Wasir


=====================================

>>> Obat Wasir (Ambeien) Untuk Mengobati Wasir dan Menyembuhkan Wasir beserta Gejala-Gejalanya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengatasi Wasir and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.