Cara Mengatasi Wasir Pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Wasir Pada Ibu HamilWasir pada ibu hamil umumnya terjadi akibat tekanan mendesak dari pertumbuhan janin pada vena. Perlu diketahui, ibu hamil sangat rentan menderita wasir karena meningkatnya kadar hormon seks wanita yang melemahkan dinding vena di bagian anus. Banyak ibu hamil yang menderita wasir setelah 6 bulan kehamilan karena adanya peningkatan tekanan vena dalam area panggul. Meningkatnya tekanan vena ini menyebabkan vena-vena seorang wanita membesar. Sayangnya vena di sekitar bokong menjadi lebih lamban dan bengkak, terutama ketika rahim yang terus membesar menekan vena-vena tersebut. Beberapa wanita juga mengalami wasir selama persalinan akibat tekanan bayi yang kuat.

Cara Mengatasi Wasir Pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Wasir Pada Ibu Hamil

Penyebab lain dari terjadinya penyakit wasir pada ibu hamil adalah akibat dari penyakit sembelit yang terjadi secara menahun. Dan biasanya penyakit wasir ini akan disepelekan untuk sebagian orang, walaupun bukan penyakit yang menyebabkan kematian namun bisa menyebabkan terganggunya aktivitas dan membuat penderitanya menjadi tidak nyaman. 

Biasanya pada bagian lubang pembuangan akan muncul tonjolan, yang akan disertai dengan terjadinya pada peradangan pembuluh darah disekitar lubang pembuangan atau lubang anus. Cara mengatasi wasir pada ibu hamil bisa dilakukan dengan cara berendam di dalam air hangat selama 3 kali dalam sehari. Hal ini dilakukan untuk membantu mengurangi dan meredakan rasa nyeri pada anus.

Penyakit wasir selama kehamilan merupakan suatu hal yang dianggap wajar. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya wasir pada ibu hamil, yakni :

  1. Perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh. Biasanya selama masa kehamilan, kadar hormon progesteron yang ada di dalam tubuh akan mengalami peningkatan dan untuk menguatkan atau menahan janin yang ada di dalam rahim. Biasanya di waktu yang bersamaan, maka hormon ini kemudian akan menghambat gerak dari peristaltik otot pencernaan yang dibutuhkan untuk perjalanan makanan yang dimlai dari saluran pencernaan hingga pada saluran pembuangan bisa berjalan dengan lebih lancar.
  2. Ukuran pada janin yang semakin membesar
    Adanya desakan dari pembuluh darah yang terjadi pada bagian panggul dan perut bisa terjadi akibat dari janin yang semakin membesar di dalam rahim. Kemudian peningkatan pada darah yang terjadi baik dari segi volume dan juga alirannya yang mengalami hambatan.
  3. Sembelit
    Masalah susah buang air besar yang menyebabkan terjadinya masalah wasir pada ibu hamil bisa saja terjadi. Kuranya asupan makanan berserat dan asupan zat gizi yang terlalu tinggi selama hamil bisa menjadi pemicu dari terjadinya penyakit wasir. Untuk sebagian ibu, mengonsumsi zar besi bisa membuat mereka terhindari dari resiko anemia atau kurang darah. Namun pada sebagian ibu ada yang malah menyebabkan mereka menjadi kesulitan saat buang air besar.
  4. Beban pada ibu hamil
    Beban janin dan juga beban dirinya sendiri yang menyebabkan lambung serta rahimnya mengalami himpitan, sehingga jika terjadi dorongan sedikit akan meyebabkan pembuluh darah pada sekitarnya menjadi pecah dan menjadi penyakit wasir.

Komplikasi setelah melahirkan juga memicu terjadinya wasir. Sebagai contoh, lembutnya daerah vagina dan bagian anus acap kali menyebabkan wanita sering menunda buang air besar sehingga memicu terjadinya sembelit dan wasir.

Wasir akibat kehamilan dapat diatasi dengan ramuan berikut. Ramuan ini bisa mengurangi bengkak yang terjadi di daerah anus sebagai cara mengatasi wasir pada ibu hamil.

Ramuan 1 cara mengatasi wasir pada ibu hamil

Bahan yang diperlukan untuk membuat ramuan cara mengatasi wasir pada ibu hamil

Daun iler 7 lembar, temulawak 2 ruas ibu jari dan air 2 gelas.

Cara membuat ramuan sebagai cara mengatasi wasir pada ibu hamil

Temulawak dicuci, lalu dikupas dan diiris tipis-tipis. Daun iler atau miana juga dicuci bersih. Semua bahan direbus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas air.

Cara memakai ramuan sebagai cara mengatasi wasir pada ibu hamil

Diminum 2 kali ½ gelas dalam sehari.

Ramuan 2 cara mengatasi wasir pada ibu hamil

Bahan yang diperlukan untuk mengatasi wasir pada ibu hamil

Daun ungu atau handeuleum 7 lembar, temulawak 2 ruas ibu jari dan air 2 gelas.

Cara membuat ramuan untuk mengatasi wasir pada ibu hamil

Temulawak dicuci, lalu dikupas dan diiris tipis-tipis. Daun ungu atau handeuleum juga dicuci bersih. Semua bahan direbus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas air.

Cara memakai ramuan untuk mengatasi wasir pada ibu hamil

Diminum 2 kali ½ gelas dalam sehari.

Ramuan 3 cara mengatasi wasir pada ibu hamil

Bahan yang diperlukan untuk mengatasi wasir pada ibu hamil

Daun patikan kebo 1/3 genggam, kunyit 2 ruas jari dan gula enau secukupnya.

Cara membuat ramuan untuk mengatasi wasir pada ibu hamil

Semua bahan direbus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas.

Cara memakai ramuan untuk mengatasi wasir pada ibu hamil

Diminum 2 kali ½ gelas, pagi dan sore hari.

Cara Mengatasi Wasir Pada Ibu Hamil

 


=====================================

>>> Obat Wasir (Ambeien) Untuk Mengobati Wasir dan Menyembuhkan Wasir beserta Gejala-Gejalanya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengatasi Wasir and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>