Bagaimana Cara Mengatasi Wasir

Bagaimana Cara Mengatasi Wasir – Gaya hidup dan pola makan yang tidak kurang baik juga dapat mempengaruhi terjadinya wasir. Kurang mengonsumsi makanan berserat seperti buah-buahan dan sayur mayur menyebabkan pengerasan feces. Pengerasan feces juga terjadi jika Anda terbiasa menunda buang air besar (BAB) karena kandungan air dalam feces yang tidak segera dibuang akan terus diserap oleh colon. Feces yang keras sulit dibuang dan dapat menyebabkan konstipasi sehingga memaksa Anda untuk mengejan sekuat-kuatnya.

Penyakit wasir merupakan suatu masalah kesehatan yang disebabkan karena terjadinya pembengkakan dan juga peradangan yang terjadi di saluran pembuluh darah balik atau vena yang terjadi disekitar anusnya. Peradangan yang terjadi di dalam dan juga luar anus ini menyebabkan proses buang air besar menjadi susah yang membuat Anda harus mengejan terlalu kuat saat sedang buang air besar.

Bagaimana Cara Mengatasi Wasir

Bagaimana Cara Mengatasi Wasir

Penyakit wasir memang merupakan salah satu jenis penyakit yang tidak akan menimbulkan kematian, namun sangat mengganggu aktivitas dan bisa membuat penderitanya menjadi tidak nyaman apalagi saat duduk. Terdapat beberapa faktor pemicu dari terjadinya penyakit wasir ini, misalnya adalah kebiasaan dari buang air besar yang tidak teratur. Beberapa penyebab wasir lainnya adalah :

  1. Akibat masalah konstipasi/sembelit/ susah buang air besar
  2. Masalah diare yang berkepanjangan
  3. Malas melakukan olahraga
  4. Kurangnya asupan serat
  5. Terjadinya peningkatan pada intra-abdomen yang berkepanjangan tegang
  6. Akibat faktor keturunan atau faktor genetika
  7. Dan adanya katup di dalam vena hemoroid
  8. Penuaan.

Lalu apa saja gejala yang muncul dari penyakit wasir ambeien ini ?

  1. Biasanya anus akan mengalami pendarahan namun tidak disertai dengan rasa yang sakit.
  2. Jika sudah selesai buang air besar, biasanya penderita seperti merasa ada yang masih mengganjal sehingga merasa bahwa buang air besar belum selesai.
  3. Gatal yang terasa pada daerah anus karena rasa nyeri yang sulit untuk dilakukan pembersihan pada dubur, yang menyebabkan anus menjadi lebih cepat dalam terkena infeksi pada kulit, yang pada akhirnya menyebabkan rasa gatal.
  4. Adanya darah pada anus
  5. Prolaps atau benjolan pada anus.
  6. Rasa tidak nyaman yang muncul pada anus atau yang biasanya disebut dengan istilah puritus anus
  7. Mengeluarkan lendir
  8. Biasanya penderita akan mengalami masalah anemia sekunder
  9. Adanya terjadi suatu kelainan pada masalah infeksi.
  10. Gambaran yang khas jika dilakukan pemeriksaan anoskopi dan retkoskopi.

Pasti Anda mempertanyakan bagaimana cara mengatasi wasir? Bagaimana mengatasi wasir bisa Anda baca tipsnya dibawah ini :

  1. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi yang berasal dari buah-buahan dan juga sayur.
  2. Minum air putih yang banyak 2 liter dalam sehari
  3. Membiasakan diri untuk buang air besar secara teratur pada waktu-waktu tertentu, misalnya adalah dilakukan di pagi hari, sebelum buang air besar, Anda sebaiknya minum air hangat.
  4. Bisa dilakukan juga dengan minum yoghurt atau minum susu fermentasi yang bisa membantu merangsang kerja usus agar menjadi lebih aktif. Dan jumlah asupannya juga harus disesuaikan dengan anjuran dokter gizi.
  5. Melakukan olahraga seperti renang dan olahraga yang ringan misalnya adalah seperti kalan kaki yang tidak memberikan beban berlebih. Gerakan ini dilakukan bisa membantu untuk membuat otot-otot pada saluran pencernaana bisa bergerak dan mendorong keluar sisa makanan ke saluran pembuangan.
  6. Sebaiknya saat Anda sedang buang air besar, hindari mengejan terlalu kuat, karena akan menyebabkan masalah wasir menjadi parah.

Bagaimana cara mengatasi wasir dengan menggunakan bahan alami? Cara mengatasi wasir dengan bahan alami salah satunya dilakukan dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memang terbukti bisa membantu mengatasi masalah wasir karena cara kerjanya yang bisa mendinginkan. Cara melakukan pengobatan wasir menggunakan lidah buaya adalah dengan mengoleskan daging lidah buaya yang mengandung banyak lendir pada bagian anus. Hal ini dilakukan dengan maksud bisa membantu mengurangi terjadinya peradangan yang muncul di sekitar lubang pembuangan yang terasa sangat nyeri. Dan cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengompres es pada bagian lubang pembuangan.

Bagaimana Cara Mengatasi Wasir? Cara mengatasi wasir bisa Anda lakukan seperti cara dibawah ini :

  1. Oleskan krim wasir yang dijual bebas. Konsultasikan dengan dokter anda untuk minta rekomendasi krim wasir yang paling baik.
  2. Kompres bagian yang sakit dengan kompresan dingin. Teh kamomil dan marigoid dapat mengurangi rasa panas dan menghilangkan gatal.
  3. Pengobatan homeopati juga efektif untuk membantu penyembuhan. Cobalah pulsatilla dan witch hazal dengan krim horsechesnut.
  4. Tambahkan minyak esensial frankincense, geranium atau juniper dalam air mandi (ikuti petunjuk pada untuk mengetahui berapa banyak minyak yang haru digunakan).
  5. Pijat refleksi juga bisa membantu mengatasi dan sembelit

Bagaimana Cara Mengatasi Wasir

 


=====================================

>>> Obat Wasir (Ambeien) Untuk Mengobati Wasir dan Menyembuhkan Wasir beserta Gejala-Gejalanya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengatasi Wasir and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>